Rabu, 10 November 2010

Pemprov Jambi sambut baik pelaksanaan Jambi Emas Expo 2011


Pemprov Jambi sambut baik pelaksanaan Jambi Emas Expo 2011

JAMBI, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi menyambut baik rencana diselenggarakannya Pekan Raya Ekonomi dan Pembangunan Kawasan Sumatra “Pekan Inovasi Sumatra, JAMBI EMAS EXPO 2011”, hal ini disampaikan Wakil Gubernur Jambi Drs. H. Fachrori Umar, M. Hum, melalui Sekretaris Daerah Provinsi Jambi Drs. AM. Firdaus, MM, Kamis (11-11/2010), bertempat di ruang pola Kantor Gubernur Jambi, seusai .

Ditegaskan Sekda, bahwa Event JAMBI EMAS EXPO 2011 ini rencananya akan digelar 21-27 Maret 2011 mendatang. Event ini sangat baik, yang bertujuan untuk mendorong para pelaku usaha yang bergerak dalam bidang bisnis maupun usaha-usaha produktif yang dihasilkan dari industri rumah tangga dan industri kecil lainnya, yang tersebar di wilayah Provinsi Jambi dan wilayah Sumatra umumnya. Event dan ini merupakan inisiatif dan prakarsa Kamar Dagang dan Industri Daerah (KADINDA) Provinsi Jambi bekerjasama dengan Pemeirntah Provinsi Jambi dan PT Profajar Exbition.

Untuk itu, Pemerintah Provinsi Jambi sangat menyambut baik atas inisiatif Kadinda, dan akan membantu memfasilitasi berbagai hal yang dimungkinkan, serta berupaya mendorong Pemerintah Kabupaten/Kota dan para pelaku usaha, baik lokal, regional maupun nasional, untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan promosi ini termasuk para satuan kerja perangkat daerah Kabupaten, Kota dan Provinsi Jambi.

Ditegaskan Sekda, bahwa salah satu kebijakan strategis Pemerintah Provinsi Jambi dalam bidang ekonomi adalah berupaya mendorong terjadinya peningkatan daya saing daerah dalam sektor-sektor usaha produktif dan kompetitif. Salah satu upaya tersebut adalah mendorong para pelaku usaha untuk mengembangkan kreaktivitas-kreaktivitas dalam menghasilkan berbagai produk unggulan yang memiliki nilai tambah dan daya saing yang tinggi, ujarnya.

Menurut Sekda, produk-produk unggulan daerah tentunya akan mudah dikenal oleh masyarakat luar, apabila para pelaku usaha dimaksud melakukan berbagai terobosan dan memanfaatkan peluang pasar secara arif, yang salah satunya melalui promosi dagang, baik di luar negeri maupun di dalam negeri sepertiti jambi Emas Expo 2011 ini. Disamping itu, penyelenggaraan event Jambi Emas Expo 2011 di Provinsi Jambi ini akan memberikan dampak positif bagi perekonomian Jambi, tegasnya.

Sementara itu Ketua Kadinda Provinsi Jambi H. Bakri pada kesempatan ini menyampaikan, melalui event Jambi Emas Expo 2011 akan dapat mengangkat kekayaan sumberdaya alam yang dimiliki daerah Jambi, disamping sebagai sarana promosi dan publikasi produk dan karya-karya inovasi kegiatan pembangunban yang telah dilakukan oleh masyarakat dan pemerintah daaerah dapat diketahui para investor baik lokal maupun luar diharapkan akan dapat menginvestasikan dananya di Provinsi Jambi.

Pada event ini nantinya Kadin bersama PT Profajar Exbition akan mengundang pengunjung potensial, yang terdiri dari para mitra usaha local, nasional dan internasional, mengundang khusus mitra bisnis luar negeri melalui Kedubes Asing Indonesia, pemerintah daerah di luar Provinsi Jambi, anggota asosiasi kegiatan ekonomi dan kemasyarakatan.

Sedangkan peserta pada event ini nantinya terdiri dari ; Pemerintah Provinsi, Kabupaten dan Kota di Sumatra, produk industri, energi, Pertambangan,  Miyak dan Gas, Perbankan dan Lembaga Keuangan, Properti, Agrobisnis, pariwisata dan produk Kerajinan, Lembaga Pendidikan, multi Produk dan lai-lain.


Hj.Yusniana Hasan Basri Dorong TP PKK Provinsi Jambi Terus Berprestasi
Bekasi-Jawa Barat, Ketua PKK Provinsi Jambi  Hj Yusniana Hasan Basri  mendorong TP PKK Provinsi Jambi untuk terus berprestasi dalam ajang nasional maupun internasional dengan menampilkan produk-produk unggulan yang merupakan hasil industri kreatif masyarakat provinsi Jambi yang berada di bawah binaan TP PKK Provinsi Jambi. Hj.Yusniana juga merasa optimis bahwa hasil industri kreatif ini dipasarkan di tingkat nasional maupun internasional. Pernyataan ini disampaikannya kepada wartawan ketika mengunjungi stand pameran TP PKK Provinsi Jambi, pada kegiatan Jambore PKK tingkat Nasional di Islamic Center, Bekasi Barat, Provinsi Jawa Barat, Selasa, (9/11).
`               Acara yang berlangsung 9 s/d 10 ini dibuka langsung oleh Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia, Gamawan Fauzi. Dan dihadiri pula oleh Ketua PKK Pusat Vita Gamawan Fauzi, dan para mantan Ketua PKK Pusat,serta kader TP PKK dari 27 Provinsi,dan Ibu Gubernur Jawa Barat. Anggota SKIP, Pejabat eselon 1 kementeriran Dalam Negeri. Ketidakhadiran keenam Provinsi ini  yaitu  DKI Jakarta, NTT, NTB, Kepulauan Riau, Sumatera Barat, Irian Jaya dikarenakan alas an bencana alam dan sebagainya. Sementara itu DIY Yogyakarta yang sedang dilanda bencana ikut mengirimkan enam orang peserta.
                “ Saya optimis bahwa TP PKK Provinsi Jambi dapat meraih prestasi yang lebih baik lagi, untuk itu kita harus terus belajar dan berinovasi terhadap produk-produk unggulan yang kita miliki, terutama batik kita akan kembali mengembangkan motif asli batik Jambi seperti motif durian pecah, kapal sanggah dan angso duo, motif ini akan dikembangkan tanpa adanya campuran dengan motif Jawa sehingga kita memiliki ciri khas tersendiri,karena selama ini motif kita sering dicontoh oleh daerah lain, dan pemerintahpun akan berusaha untuk mengatasi masalah bahan baku yang tidak dapat kita produksi sendiri tetapi harus membeli dari Yogyakarta, pemerintah akan menggalakkan lagi kerjasama dengan koperasi, sehingga pengrajinpun dapat membeli dengan koperasi”ungkapnya.
                Hj. Yusniana Hasan Basri juga menjelaskan bahwa Jambore kali ini TP PKK Provinsi dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jambi  yang menjadi koordinator serta bekerjasama dengan Bank Jambi, PTP VI dengan menghadirkan seluruh potensi  TP PKK kota dan Kabupaten dengan menampilkan produk unggulannya.
“Stand pameran  kita memang terlihat besar tapi ini merupakan gabungan dari sembilan Kabupaten dan dua kota, setiap Kabupaten/kota juga menampilkan produk unggulan seperti makanan, kerajinan tangan, dan batik dan diharapkan dengan apa yang diberikan ini dapat meningkatkan citra dan memperlihatkan eksistensi provinsi Jambi di tingkat Nasional” jelasnya.
Sementara itu Wakil Ketua TP PKK Provinsi Jambi Rahima Ibrahim menyatakan bahwa untuk mengikuti Jambore ini telah diadakan rapat koordinasi serta pembekalan dan penyeleksian para kader tiap-tiap Kabupaten/Kota dengan tujuan untuk menambah wawasan serta saling tukar pengalaman dengan kader PKK dari Provinsi
“Jumlah peserta dari Provinsi Jambi cukup banyak yaitu berasal dari TP PKK Provinsi 22 orang. TP PKK Kota/Kabupaten 18 orang dan kader PKK ada 25 orang dan kami berharap agar kegiatan ini dapat memotivasi dan memantapkan para kader selaku ujung tombak yang akan menyampaikan seluruh program PKK ke masyarakat khususnya keluarga”ungkapnya.
Dalam sambutannya , Gamawan Fauzi mengatakan bahwa tujuan utama dari penyelenggaraan ini adalah untuk memberikan penghargaan kepada para kader PKK yang selama ini telah menjalankan perannya di masyarakat tanpa kenal lelah dan pamrih dan dengan sukarela membantu Pemerintah dalam upaya memberdayakan dan mensejahterahkan keluarga keluarga Indonesia.
“ Pertemuan ini dapat dijadikan sebagai ajang pertemuan penting untuk dimanfaatkan bagi pengembangan diri para kader PKK sehingga dalam menjalankan perannya ke depan dapat lebih baik dan penuh semangat”tegasnya.
Sementara itu Ketua TP PKK Pusat Vita Gamawan Fauzi mengatakan bahwa acara ini dapat dijadikan momen untuk menambah wawasan para kader, persahabatan, bertukar pengalaman. Vita Gamawan juga menjelaskan bahwa acara ini dihadiri oleh 1200 peserta kader PKK.
Acara ini diakhiri dengan pelepasan balon yang dilakukan oleh Menteri Dalam Negeri, dan dilanjutkan dengan pawai dari setiap peserta yang dengan semangat menyanyikan lagu daerah dan melantangkan yel yel kebanggaan dari setiap Provinsi. Sementara itu Ketua TP PKK Pusat melakukan pengguntingan pita untuk membuka secara resmi pameran  hasil industri kreatif dari 27 TP PKK dan melakukan peninjauan pameran. Materi Jambore kali ini juga diisi  dengan temu wicara, lomba pengisian KMS, lomba pengukuhan 10 program Pokok PKK, lomba Pidato, lomba gembira, dan foto kegiatan,serta pentas seni atau malam keakraban (Maria/Foto:A.Somad).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar